Rabu, 17 September 2014

 

Sejarah Komputer, Penyebaran PC dan Laptop, & Cara dan fungsi BIOS

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


Sebuah komputer adalah perangkat tujuan umum yang dapat diprogram untuk melaksanakan satu set terbatas aritmatika atau operasi logika. Karena urutan operasi dapat segera diubah, komputer dapat memecahkan lebih dari satu jenis masalah.

Secara konvensional, komputer terdiri dari setidaknya satu elemen pengolahan dan beberapa bentuk memori. Unsur pengolahan melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit sequencing dan kontrol yang dapat mengubah urutan operasi berdasarkan informasi yang disimpan. Perangkat periferal memungkinkan informasi yang akan diambil dari sumber eksternal, dan hasil usaha disimpan dan diambil.

Komputer digital elektronik pertama dikembangkan antara tahun 1940 dan 1945 di Britania Raya dan Amerika Serikat. Awalnya mereka adalah ukuran ruangan besar, sebagai kekuatan mengkonsumsi sebanyak beberapa ratus komputer pribadi modern (PC). [1] Di era ini mekanik analog komputer yang digunakan untuk aplikasi militer.

Modern komputer didasarkan pada sirkuit terpadu dengan jutaan miliaran kali lebih mampu dari mesin awal, dan menempati sebagian kecil dari ruang [2] komputer sederhana cukup kecil untuk masuk ke dalam perangkat mobile, dan komputer mobile dapat didukung oleh baterai kecil. . Komputer pribadi dalam berbagai bentuk mereka adalah ikon dari Era Informasi dan apa yang kebanyakan orang anggap sebagai "komputer". Namun, komputer tertanam ditemukan di banyak perangkat dari mp3 player untuk pesawat tempur dan dari mainan untuk robot industri yang paling banyak.



Sejarah komputasiPenggunaan pertama dari "komputer" kata tercatat pada 1613, mengacu pada seseorang yang melakukan perhitungan, atau perhitungan, dan kata dilanjutkan dengan arti yang sama sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 kata mulai mengambil makna yang lebih akrab, sebuah mesin yang melakukan perhitungan.
 
 

alat tenun kartu kertas
Terbatasnya fungsi awal komputer                                        
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah, perhitungan otomatis dan programabilitas, tetapi tidak ada perangkat tunggal dapat diidentifikasi sebagai komputer awal, sebagian karena aplikasi yang tidak konsisten dari istilah tersebut. Sebuah perangkat sedikit yang layak disebut meskipun, seperti beberapa alat bantu mekanis untuk komputasi, yang sangat sukses dan bertahan selama berabad-abad sampai munculnya kalkulator elektronik, seperti sempoa Sumeria, dirancang sekitar 2500 SM [4] yang keturunan memenangkan suatu kecepatan persaingan terhadap meja modern yang menghitung mesin di Jepang pada tahun 1946, [5] aturan slide, diciptakan pada tahun 1620-an, yang dilakukan pada lima misi ruang angkasa Apollo, termasuk untuk bulan [6] dan bisa dibilang astrolabe dan mekanisme Antikythera, sebuah komputer astronomi kuno yang dibangun oleh orang Yunani sekitar 80 SM [7] The Hero matematika Yunani dari Alexandria (c. 10-70 AD). membangun sebuah teater mekanis yang dilakukan sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang mungkin dianggap menjadi sarana memutuskan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan dan kapan yang [8]. Ini adalah inti dari programabilitas.Sekitar akhir abad ke-10, biarawan Perancis Gerbert d'Aurillac membawa kembali dari Spanyol gambar dari mesin ditemukan oleh bangsa Moor yang menjawab baik Ya atau Tidak untuk pertanyaan-pertanyaan itu ditanyakan. [9] Sekali lagi di abad ke-13, para biarawan Albertus Magnus dan Roger Bacon dibangun androids berbicara tanpa pengembangan lebih lanjut (Albertus Magnus mengeluh bahwa ia telah menyia-nyiakan empat puluh tahun hidupnya ketika Thomas Aquinas, ketakutan oleh mesinnya, hancur itu). [10]Pada tahun 1642, Renaisans melihat penemuan kalkulator mekanik, [11] sebuah perangkat yang bisa melakukan semua operasi aritmatika empat tanpa bergantung pada kecerdasan manusia [12] Kalkulator mekanik. Berada di akar perkembangan komputer dalam dua cara terpisah . Awalnya, itu dalam mencoba untuk mengembangkan kalkulator lebih kuat dan lebih fleksibel [13] bahwa komputer pertama kali berteori oleh Charles Babbage [14] [15] dan kemudian dikembangkan [16] Kedua., Pengembangan kalkulator murah elektronik, penerus kalkulator mekanik, mengakibatkan pembangunan oleh Intel [17] dari sirkuit mikroprosesor pertama tersedia secara komersial terpadu.

 
Pertama untuk keperluan umum komputer

Pada 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan pada alat tenun tekstil dengan memperkenalkan serangkaian kartu kertas menekan sebagai template yang memungkinkan alat tenun untuk pola rumit menenun secara otomatis. The Jacquard tenun yang dihasilkan merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk mendefinisikan pola tenunan dapat dilihat sebagai awal, meskipun terbatas, bentuk programabilitas....
Itu adalah perpaduan dari perhitungan otomatis dengan programabilitas yang menghasilkan komputer dikenali pertama. Pada 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain komputer mekanik sepenuhnya diprogram, mesin analitis [20] keuangan terbatas dan ketidakmampuan Babbage untuk menolak bermain-main dengan desain. Berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai-namun putranya, Henry Babbage , menyelesaikan versi sederhana dari unit komputasi mesin analitis itu (pabrik) pada tahun 1888. Dia memberikan demonstrasi yang sukses dari penggunaannya dalam tabel komputasi pada tahun 1906. Mesin ini diberikan ke museum Sains di South Kensington pada tahun 1910.Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data pada media mesin yang dapat dibaca. Sebelumnya menggunakan mesin-dibaca media yang telah untuk kontrol, bukan data. "Setelah beberapa percobaan awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu menekan ..." [21] Untuk memproses kartu menekan dia menciptakan tabulator, dan mesin keypunch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi modern. Skala besar otomatis pengolahan data kartu menekan dilakukan untuk Amerika Serikat 1890 Sensus oleh perusahaan Hollerith, yang kemudian menjadi inti dari IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah ide dan teknologi, yang nantinya akan berguna dalam realisasi komputer praktis, telah mulai muncul: Boolean aljabar, tabung vakum (katup termionik), kartu menekan dan tape, dan teleprinter .Selama paruh pertama abad ke-20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan model mekanik atau listrik langsung masalah sebagai dasar untuk perhitungan. Namun, ini tidak diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Pada tahun 1936 Turing memberikan formalisasi berpengaruh konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin Turing, menyediakan cetak biru untuk komputer digital elektronik. [22] Dari perannya dalam penciptaan komputer modern, majalah Time dalam penamaan Turing salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20, menyatakan: "Faktanya tetap bahwa setiap orang yang keran di keyboard, membuka spreadsheet atau program pengolah kata, adalah bekerja di sebuah inkarnasi dari mesin Turing"

The Atanasoff-Berry Computer (ABC) adalah komputer digital pertama di dunia elektronik, meskipun tidak diprogram. [23] Atanasoff dianggap sebagai salah satu bapak dari komputer. [24] Diciptakan pada tahun 1937 oleh Iowa State College profesor fisika John Atanasoff , dan dibangun dengan bantuan dari mahasiswa pascasarjana Clifford Berry, [25] mesin itu tidak diprogram, yang dirancang hanya untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Komputer tidak menggunakan komputasi paralel. Sebuah 1973 putusan pengadilan dalam sengketa paten menemukan bahwa paten untuk ENIAC komputer 1946 berasal dari Atanasoff-Berry Computer.The program komputer yang dikendalikan pertama diciptakan oleh Konrad Zuse, yang membangun Z3, mesin komputasi elektromekanis, pada tahun 1941 [26]. Komputer elektronik pertama diprogram adalah Colossus, yang dibangun pada tahun 1943 oleh Tommy Flowers.George Stibitz diakui secara internasional sebagai seorang ayah dari komputer digital modern. Ketika bekerja di Bell Labs pada bulan November 1937, Stibitz menciptakan dan membangun sebuah kalkulator berbasis relay ia dijuluki "Model K" (untuk "meja dapur", di mana ia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Model kemudian menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika kompleks dan programabilitas. [27]Sebuah suksesi perangkat komputasi terus lebih kuat dan fleksibel dibangun pada 1930-an dan 1940-an, secara bertahap menambahkan fitur utama yang terlihat pada komputer modern. Penggunaan digital elektronik (sebagian besar ditemukan oleh Claude Shannon pada tahun 1937) dan programabilitas lebih fleksibel adalah langkah yang sangat penting, tetapi mendefinisikan satu titik di sepanjang jalan ini sebagai "komputer elektronik digital pertama" adalah difficult.Shannon 1940 prestasi terkenal termasuk:

    
Konrad Zuse elektromekanis "Z mesin". The Z3 (1941) adalah mesin kerja pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programabilitas. Pada tahun 1998 Z3 itu terbukti menjadi Turing lengkap, sehingga menjadi komputer pertama operasional dunia. [28]
    
Non-programmable Atanasoff-Berry Computer (dimulai pada tahun 1937, selesai pada 1941) yang digunakan vakum tabung berbasis perhitungan, bilangan biner, dan memori kapasitor regeneratif. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih kompak dari rekan-rekan (yang kira-kira ukuran meja besar atau meja kerja), karena hasil antara dapat disimpan dan kemudian dimasukkan kembali ke set yang sama elemen perhitungan.
    
Komputer Colossus rahasia Inggris (1943), [29] yang telah membatasi programabilitas tetapi menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung bisa cukup handal dan elektronik reprogrammable. Itu digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
    
The Harvard Mark I (1944), sebuah komputer skala besar elektromekanis dengan programmability terbatas. [30]
    
Balistik Penelitian Angkatan Darat AS Laboratory ENIAC (1946), yang digunakan aritmatika desimal dan kadang-kadang disebut komputer tujuan umum pertama elektronik (sejak Konrad Zuse Z3 tahun 1941 elektromagnet digunakan bukan elektronik). Awalnya, bagaimanapun, ENIAC memiliki arsitektur fleksibel yang pada dasarnya diperlukan rewiring untuk mengubah pemrogramannya.


 arsitektur Penyimpan program 

Beberapa pengembang ENIAC, mengakui kesalahannya, datang dengan desain yang jauh lebih fleksibel dan elegan, yang kemudian dikenal sebagai "arsitektur program yang disimpan" atau von Neumann arsitektur. Desain ini pertama kali secara resmi digambarkan oleh John von Neumann dalam Draft kertas Pertama Laporan di EDVAC, didistribusikan pada tahun 1945. Sejumlah proyek untuk mengembangkan komputer berdasarkan arsitektur program yang disimpan dimulai sekitar waktu ini, yang pertama selesai pada tahun 1948 di University of Manchester di Inggris, Manchester Kecil Mesin Eksperimental (SSEM atau "Baby"). Delay Elektronik Penyimpanan Otomatis Calculator (EDSAC), selesai setahun setelah SSEM di Cambridge University, adalah praktis pertama, non-eksperimental pelaksanaan desain program yang disimpan dan dimanfaatkan dengan segera untuk pekerjaan penelitian di universitas. Tak lama kemudian, mesin awalnya dijelaskan oleh von Neumann kertas-EDVAC-selesai tapi tidak melihat penuh waktu digunakan untuk tambahan dua tahun.

Hampir semua komputer modern mengimplementasikan beberapa bentuk dari arsitektur program yang disimpan, sehingga sifat tunggal dengan mana kata "komputer" sekarang didefinisikan. Sedangkan teknologi yang digunakan dalam komputer telah berubah secara dramatis sejak elektronik pertama, komputer untuk keperluan umum dari tahun 1940-an, sebagian besar masih menggunakan arsitektur von Neumann.
 Dimulai pada 1950-an, ilmuwan Soviet Sergei Sobolev dan Nikolay Brusentsov melakukan penelitian pada komputer terner, perangkat yang dioperasikan pada sistem tiga dasar penomoran -1,, 0 dan 1 daripada konvensional penomoran biner sistem atas yang kebanyakan komputer didasarkan. Mereka merancang Setun, komputer terner fungsional, di Moscow State University. Perangkat dimasukkan ke produksi terbatas di Uni Soviet, tetapi digantikan oleh arsitektur biner lebih umum.
Semikonduktor dan mikroprosesor
Komputer menggunakan tabung vakum sebagai elemen elektronik mereka digunakan di seluruh tahun 1950-an, tetapi oleh 1960-an sebagian besar telah digantikan oleh transistor semikonduktor berbasis mesin, yang lebih kecil, lebih cepat, lebih murah untuk menghasilkan, diperlukan lebih sedikit daya, dan lebih dapat diandalkan. Komputer transistorised pertama didemonstrasikan di University of Manchester pada tahun 1953. [31] Pada 1970-an, teknologi sirkuit terpadu dan penciptaan berikutnya mikroprosesor, seperti, Intel 4004 ukuran lebih menurun dan biaya dan kecepatan lebih meningkat dan keandalan komputer . Pada akhir 1970-an, banyak produk seperti perekam video yang terdapat komputer yang didedikasikan disebut mikrokontroler, dan mereka mulai muncul sebagai pengganti untuk kontrol mekanik dalam peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Tahun 1980-an menyaksikan komputer rumah dan komputer pribadi sekarang di mana-mana. Dengan evolusi internet, komputer pribadi menjadi yang biasa seperti televisi dan telepon dalam rumah tangga [rujukan?].

Smartphone modern adalah komputer sepenuhnya diprogram dalam hak mereka sendiri, dan pada tahun 2009 mungkin menjadi bentuk paling umum dari komputer tersebut dalam keberadaan [,.

program
Fitur mendefinisikan komputer modern yang membedakan mereka dari semua mesin lainnya adalah bahwa mereka dapat diprogram. Itu adalah untuk mengatakan bahwa beberapa jenis instruksi (program) dapat diberikan ke komputer, dan akan memproses mereka. Sementara beberapa komputer mungkin memiliki konsep yang aneh "instruksi" dan "output" (lihat komputasi kuantum), komputer modern berdasarkan arsitektur von Neumann seringkali memiliki kode mesin dalam bentuk bahasa pemrograman imperatif.

Dalam istilah praktis, sebuah program komputer mungkin hanya beberapa instruksi atau memperpanjang untuk jutaan instruksi, seperti melakukan program untuk pengolah kata dan browser web misalnya. Sebuah komputer modern khas dapat mengeksekusi milyaran instruksi per detik (gigaflops) dan jarang membuat kesalahan selama bertahun-tahun beroperasi. Program komputer besar yang terdiri dari beberapa juta instruksi dapat mengambil tim tahun programmer untuk menulis, dan karena kompleksitas tugas hampir pasti mengandung kesalahan.


Stored program arsitekturArtikel utama: Program komputer dan pemrograman KomputerBagian ini berlaku untuk komputer RAM yang paling umum mesin berbasis.Dalam kebanyakan kasus, instruksi komputer sederhana: tambahkan satu nomor ke yang lain, memindahkan beberapa data dari satu lokasi ke lokasi lain, mengirim pesan ke beberapa perangkat eksternal, dll Instruksi ini dibaca dari memori komputer dan umumnya dilakukan (dijalankan) dalam urutan mereka diberikan. Namun, ada petunjuk biasanya khusus untuk memberitahu komputer untuk melompat ke depan atau mundur ke beberapa tempat lain dalam program ini dan untuk melanjutkan mengeksekusi dari sana. Ini disebut "melompat" instruksi (atau cabang). Selain itu, instruksi melompat dapat dilakukan terjadi kondisional sehingga urutan instruksi yang berbeda dapat digunakan tergantung pada hasil dari beberapa perhitungan sebelumnya atau beberapa peristiwa eksternal. Banyak komputer langsung mendukung subrutin dengan menyediakan jenis lompatan yang "mengingat" lokasi itu melompat dari dan lain instruksi untuk kembali ke instruksi berikut yang instruksi jump.Pelaksanaan program dapat disamakan dengan membaca buku. Sementara seseorang biasanya akan membaca setiap kata dan baris dalam urutan, mereka mungkin pada waktu melompat kembali ke tempat awal teks atau melewatkan bagian yang tidak menarik. Demikian pula, komputer kadang-kadang dapat kembali dan ulangi petunjuk di beberapa bagian program berulang-ulang sampai beberapa kondisi internal terpenuhi. Ini disebut aliran kontrol dalam program dan itu adalah apa yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas berulang kali tanpa campur tangan manusia.Relatif, orang yang menggunakan kalkulator saku dapat melakukan operasi aritmatika dasar seperti menambahkan dua angka hanya dengan menekan beberapa tombol. Tetapi untuk menambahkan bersama semua nomor dari 1 sampai 1.000 akan mengambil ribuan menekan tombol dan banyak waktu, dengan kepastian dekat membuat kesalahan. Di sisi lain, komputer dapat diprogram untuk melakukan hal ini hanya dengan instruksi sederhana. 

PENGERTIAN DASAR

    Pengertian Komputer
      Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

      Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

      Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.

      Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.

      ...no image yet...
      Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.

      Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).

      Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
      Dari Generasi Ke-Generasi
      Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini kemudian diganti dengan generasi transistor, dan akhirnya timbul generasi ketiga dengan munculnya IC-Chip. Kini banyak diperdebatkan, apakah Microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC-Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke-empat, ataukah masih tetap pada generasi ketiga.

      Alasan yang mendukung adalah, kemampuan dari Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang alasan yang menolak pendapat tersebut mengatakan, bahwa konsep dasar Microprocessor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC-Chip belaka. Dengan demikian, pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan kelima, tetapi ada juga yang masih berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ketiga.

      a. Generasi Pertama.
      Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

      Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.

      Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M

      b. Generasi Kedua.
      Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

      Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada gambar nampak sebuah papan rangkaian yang menggunakan transistor dan digunakan oleh Komputer MARK IV ditahun 1957 yang merupakan komputer pertama yang diproduksi di- Jepang.

      Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.

      c. Generasi Ketiga
      Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini adalah: Apple Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.

      Pada gambar disebelah nampak, komputer IBM S/360 yang menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.

      ...no image yet... d. Generasi Keempat
      Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).

      Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.
     Pengertian Komputer Berdasar Golongan
      a. General Purpose Computer
      Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan pelbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.

      Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

      ...no image yet... b. Special-purpose Computer
      Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

      Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.

      Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.
     Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya
      a. Komputer Mikro (Personal Computer)
      Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

      ...no image yet...
      Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.

      Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.

      Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkem bangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).

      Pada konsep LAN yang merupakan sebuah jaringan, terdapat sebuah otak/pengendali yang disebut sebagai server dan beberapa anggota yang disebut sebagai terminal. Secara pisik bentuk server ataupun terminal tidak berbeda dengan bentuk sebuah PC. Hubungan server dan terminal, dilakukan melalui sebuah kabel. Data yang berasal dari pelbagai terminal, akan disimpan secara terpusat oleh server.

      Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan komunikasi data dengan personal komputer lainnya ditempat yang saling berjauhan. Dengan menggunakan sebuah modem, maka data yang berasal dari komputer akan dirubah menjadi gelombang suara, dan suara inilah yang kemudian dikirim melalui kabel telpon. Modem yang ada ditempat lain, akan menangkap gelombang suara ini dan merubah bentuknya menjadi gelombang yang bisa diproses oleh komputer.

      Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN hanya bisa digunakan untuk tempat yang tidak terlalu jauh (saat ini diartikan sebagai: tidak lebih dari 2.000 meter), dan biasanya masih terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. Kabel yang digunakan pada LAN adalah kabel digital, sehingga data bisa langsung dikirim tanpa perlu merubah bentuk seperti halnya yang dilakukan oleh modem.

      Jenis PC lainnya yang tengah populer pada saat ini adalah: note-book. Note-book menggunakan silikon chip yang sangat tipis yang merupakan lambang kemajuan teknologi. Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang sangat kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya. Note-book biasanya dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Dengan demikian, komputer jenis ini sangat cocok digunakan bagi para pemakai yang sering berpergian.

      Karena menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display), note-book mempunyai bentuk yang sangat tipis. Disamping itu, note-book juga memiliki fasilitas disket ataupun hard-disk seperti hal-nya komputer PC pada umumnya. Internal memory yang dimiliki juga sangat besar, dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga 64 MB.

      Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan sesama note-book ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling berjauhan.

      ...no image yet... b. Komputer Mini
      Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.

      Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400

      ...no image yet... c. Komputer Mainframe
      Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.

      Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.

      Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.

      Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.

      d. Super-komputer
      Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.

      Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.
     Pengertian Komputer Menurut Data Yang Diolah
      Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.

      ...no image yet... a. Digital Komputer
      Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

      b. Komputer Analog.
      Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.

      Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

      c. Hibrid Komputer
      Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
     Konsep Dasar Komputer
      Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya.

      Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

      a. Input Device
      Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

      Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.

      b. Central Processing Unit (CPU)
      Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.

      Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
    • Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.
    • ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
    • Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer

    • CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit-nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.

      Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.

      Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686

      Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.

      c. Output Device
      Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

      Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.

      d. External Memory
      External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak.

      Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.
     Pengertian Data dan Informasi
      Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

      ...no image yet...
      Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

      Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.

      Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui
     Hirarchi Penyajian Data
      Pengertian data yang diolah oleh komputer, cara penyajiannya dapat dibagi dalam beberapa tingkatan / hirarchi, yaitu :

      a. Byte/Karacter
      Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf (A s/d Z, atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9), ataupun berbentuk tanda baca lainnya lagi.

      b. Field
      Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.

      ...no image yet... c. Record
        Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada akhirnya membentuk sebuah record.

      ...no image yet... d. File
        File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar adalah sebagai berikut :
        Byte/Character -> Field --> Record --> File
     Sistem Bilangan
      Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal ini, aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).

      Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5 ditulis dalam bentuk 000101 dan huruf D ditulis dalam 110100. Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan didalamnya.

      Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan tulisan yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.

      Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan ini kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.

      Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

      ...no image yet... a. Sistem Bilangan Desimal
      Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 10 buah. Dalam contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X101) + (7X101) + (6X102) + (3X103). Angka 10 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal.

      b. Sistem Bilangan Binary
      Karena sistem bilangan binary hanya memiliki angka 0 dan 1 saja, maka nilai 11010 dalam bilangan biner dapat diartikan sebagai: (0X20) + (1X21) + (0X22) + (1X23) + (1X24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan biner

      ...no image yet...
      Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary, maka langkah yang bisa dilakukan adalah : a. Apabila bilangan tersebut bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan (lihat gambar disebelah).Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis.

      Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary, langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1 (lihat contoh).

      ...no image yet...
      Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata angka yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh).

      Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal. Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada.

      ...no image yet...
      Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat pada contoh yang ada.

      c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal
      Selain menggunakan sistem binary, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan dasar sebanyak 8 dan sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai bilangan dasar sejumlah 16. Susunan angka yang dimiliki kedua bilangan, seperti yang nampak pada gambar.

      Walaupun demikian, komputer tetap bekerja dengan menggunakan sistem binary. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan saat mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin penulisan menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam memory komputer. Octal senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa desimal dalam empat angka.

      Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8 buah, yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka yang dimilikinya.

      ...no image yet...
      Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan ini jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi ataupun perhitungan-perhitungan lainnya.

      d. System BCD
      Pada awalnya, system BCD (Binary Coded Decimal), menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap digit didalam bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk 4-bit binary. sebagai contoh, bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 0101 0010.

      Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya sanggup menampung data sebanyak 24 atau 16 karakter yang berbeda, maka sistem BCD ini kemudian disempurnakan dengan menggunakan 6-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan demikian, data yang disajikan akan menjadi lebih banyak lagi, yaitu 26 atau sejumlah 64 karakter yang berbeda-beda.

      f. System EBCDIC
      EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
      g. System ASCII
      ASCII (American Standart Code for Informa tion Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendet

Fungsi dan cara kerja BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. BIOS muncul pada saat IBM mengeluarkan Personal Computer pada tahun 1980-an. Pada sistem IBM, BIOS adalah perangkat lunak yang dijalankan pertama kali saat komputer berjalan. Sistem BIOS ini masih dipertahankan sampai saat ini di komputer yang menggunakan konsep seperti IBM PC. Bahkan laptop dan netbook masih menggunakan BIOS ketika pertama kali komputer dihidupkan. Secara sederhana, BIOS memiliki fungsi mengatur dan mengendalikan perangkat keras yang ada dalam komputer.
Fungsi dan cara kerja BIOS
BIOS akan menginisiasi dan menganalisa perangkat keras apa saja yang terhubung pada komputer dimana dia dijalankan. Kemudian BIOS mengecek kesiapan kerja dari perangkat-perangkat keras yang terpasang. Jika ada perangkat keras yang dibutuhkan namun tidak ada, maka BIOS akan mengeluarkan kode isyarat yang dapat dikenali oleh para teknisi komputer melalui bunyi atau tampilan pesan visual pada monitor. Begitu pula jika perangkat keras yang dibutuhkan seperti RAM dan VGA card mengalami kerusakan, maka hal yang sama akan dilakukan oleh BIOS.
Bagi mereka yang suka mengutak-atik perangkat keras, utamanya CPU, istilah BIOS tentu saja menjadi tidak asing lagi. Nama BIOS pasti sudah melekat di telinga. Namun tentu saja akan berbeda dengan orang awam yang tidak mengerti komputer, hanya sekedar pemakai atau bahkan tidak mengerti seperti apa di dalam komputer yang ia miliki. Kata-kata BIOS akan sangat asing dan menjelaskannya pasti akan sangat sulit sekali karena akan sulit dibayangkan.
Dibawah ini adalah urutan perangkat keras yang dideteksi oleh BIOS:
  1. Kartu tampilan grafis atau video graphic card
  2. Keyboard dan mouse, baik USB atau Serial PS/2
  3. Harddisk Drive dan sejenisnya
  4. Optical Drive seperti DVD atau CD
  5. Selanjutnya akan dilakukan deteksi terhadap perangkat lainnya sesuai dengan nomor registernya pada BIOS.
Setelah selesai mengecek perangkat keras dan dianggap normal, maka selanjutnya bios akan mencari sistem operasi yang biasanya tersimpan di dalam media penyimpanan Harddisk, yang sudah ditentukan sebagai Boot Device. Lalu jika sudah ketemu maka akan dimuat dan dijalankan. Ketika sistem operasi sudah berjalan, maka BIOS sudah bebas tugas. Semua perangkat keras ada dibawah kendali sistem operasi. Seluruh rangkaian proses dari pertama kali perangkat komputer dihidupkan, ditangani BIOS, kemudian sistem operasi disebut sebagai booting up.
BIOS disimpan di dalam sebuah chip ROM yang tidak dapat diubah atau non-volatile dan dipasang pada motherboard sistem komputer. Pada masa lalu, BIOS tidak dapat dirubah, namun BIOS saat ini bisa dirubah dengan sistem flashing atau menulis ulang ROM. Biasanya alasan mengupgrade BIOS adalah untuk meningkatkan performa atau menambahkan dukungan pada perangkat keras tertentu pada sistem komputer.

SUMBER
http://adhansalakcomunity.blogspot.com/2012/09/sejarah-lengkap-perkembangan-komputer.html
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/intro1-cad.html
 http://belajar-komputer-mu.com/memahami-fungsi-dan-cara-kerja-bios-ketahui-di-sini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar