Sejarah Komputer, Penyebaran PC dan Laptop, & Cara dan fungsi BIOS
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Sebuah komputer adalah perangkat tujuan umum yang dapat diprogram untuk melaksanakan satu set terbatas aritmatika atau operasi logika. Karena urutan operasi dapat segera diubah, komputer dapat memecahkan lebih dari satu jenis masalah.
Secara konvensional, komputer terdiri dari setidaknya satu elemen pengolahan dan beberapa bentuk memori. Unsur pengolahan melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit sequencing dan kontrol yang dapat mengubah urutan operasi berdasarkan informasi yang disimpan. Perangkat periferal memungkinkan informasi yang akan diambil dari sumber eksternal, dan hasil usaha disimpan dan diambil.
Komputer digital elektronik pertama dikembangkan antara tahun 1940 dan 1945 di Britania Raya dan Amerika Serikat. Awalnya mereka adalah ukuran ruangan besar, sebagai kekuatan mengkonsumsi sebanyak beberapa ratus komputer pribadi modern (PC). [1] Di era ini mekanik analog komputer yang digunakan untuk aplikasi militer.
Modern komputer didasarkan pada sirkuit terpadu dengan jutaan miliaran kali lebih mampu dari mesin awal, dan menempati sebagian kecil dari ruang [2] komputer sederhana cukup kecil untuk masuk ke dalam perangkat mobile, dan komputer mobile dapat didukung oleh baterai kecil. . Komputer pribadi dalam berbagai bentuk mereka adalah ikon dari Era Informasi dan apa yang kebanyakan orang anggap sebagai "komputer". Namun, komputer tertanam ditemukan di banyak perangkat dari mp3 player untuk pesawat tempur dan dari mainan untuk robot industri yang paling banyak.
Sejarah komputasiPenggunaan pertama dari "komputer" kata tercatat pada 1613, mengacu pada seseorang yang melakukan perhitungan, atau perhitungan, dan kata dilanjutkan dengan arti yang sama sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 kata mulai mengambil makna yang lebih akrab, sebuah mesin yang melakukan perhitungan.
![]() |
alat tenun kartu kertas |
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah, perhitungan otomatis dan programabilitas, tetapi tidak ada perangkat tunggal dapat diidentifikasi sebagai komputer awal, sebagian karena aplikasi yang tidak konsisten dari istilah tersebut. Sebuah perangkat sedikit yang layak disebut meskipun, seperti beberapa alat bantu mekanis untuk komputasi, yang sangat sukses dan bertahan selama berabad-abad sampai munculnya kalkulator elektronik, seperti sempoa Sumeria, dirancang sekitar 2500 SM [4] yang keturunan memenangkan suatu kecepatan persaingan terhadap meja modern yang menghitung mesin di Jepang pada tahun 1946, [5] aturan slide, diciptakan pada tahun 1620-an, yang dilakukan pada lima misi ruang angkasa Apollo, termasuk untuk bulan [6] dan bisa dibilang astrolabe dan mekanisme Antikythera, sebuah komputer astronomi kuno yang dibangun oleh orang Yunani sekitar 80 SM [7] The Hero matematika Yunani dari Alexandria (c. 10-70 AD). membangun sebuah teater mekanis yang dilakukan sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang mungkin dianggap menjadi sarana memutuskan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan dan kapan yang [8]. Ini adalah inti dari programabilitas.Sekitar akhir abad ke-10, biarawan Perancis Gerbert d'Aurillac membawa kembali dari Spanyol gambar dari mesin ditemukan oleh bangsa Moor yang menjawab baik Ya atau Tidak untuk pertanyaan-pertanyaan itu ditanyakan. [9] Sekali lagi di abad ke-13, para biarawan Albertus Magnus dan Roger Bacon dibangun androids berbicara tanpa pengembangan lebih lanjut (Albertus Magnus mengeluh bahwa ia telah menyia-nyiakan empat puluh tahun hidupnya ketika Thomas Aquinas, ketakutan oleh mesinnya, hancur itu). [10]Pada tahun 1642, Renaisans melihat penemuan kalkulator mekanik, [11] sebuah perangkat yang bisa melakukan semua operasi aritmatika empat tanpa bergantung pada kecerdasan manusia [12] Kalkulator mekanik. Berada di akar perkembangan komputer dalam dua cara terpisah . Awalnya, itu dalam mencoba untuk mengembangkan kalkulator lebih kuat dan lebih fleksibel [13] bahwa komputer pertama kali berteori oleh Charles Babbage [14] [15] dan kemudian dikembangkan [16] Kedua., Pengembangan kalkulator murah elektronik, penerus kalkulator mekanik, mengakibatkan pembangunan oleh Intel [17] dari sirkuit mikroprosesor pertama tersedia secara komersial terpadu.
Pertama untuk keperluan umum komputer
Pada 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan pada alat tenun tekstil dengan memperkenalkan serangkaian kartu kertas menekan sebagai template yang memungkinkan alat tenun untuk pola rumit menenun secara otomatis. The Jacquard tenun yang dihasilkan merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk mendefinisikan pola tenunan dapat dilihat sebagai awal, meskipun terbatas, bentuk programabilitas....
Itu adalah perpaduan dari perhitungan otomatis dengan programabilitas yang menghasilkan komputer dikenali pertama. Pada 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain komputer mekanik sepenuhnya diprogram, mesin analitis [20] keuangan terbatas dan ketidakmampuan Babbage untuk menolak bermain-main dengan desain. Berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai-namun putranya, Henry Babbage , menyelesaikan versi sederhana dari unit komputasi mesin analitis itu (pabrik) pada tahun 1888. Dia memberikan demonstrasi yang sukses dari penggunaannya dalam tabel komputasi pada tahun 1906. Mesin ini diberikan ke museum Sains di South Kensington pada tahun 1910.Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data pada media mesin yang dapat dibaca. Sebelumnya menggunakan mesin-dibaca media yang telah untuk kontrol, bukan data. "Setelah beberapa percobaan awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu menekan ..." [21] Untuk memproses kartu menekan dia menciptakan tabulator, dan mesin keypunch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi modern. Skala besar otomatis pengolahan data kartu menekan dilakukan untuk Amerika Serikat 1890 Sensus oleh perusahaan Hollerith, yang kemudian menjadi inti dari IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah ide dan teknologi, yang nantinya akan berguna dalam realisasi komputer praktis, telah mulai muncul: Boolean aljabar, tabung vakum (katup termionik), kartu menekan dan tape, dan teleprinter .Selama paruh pertama abad ke-20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan model mekanik atau listrik langsung masalah sebagai dasar untuk perhitungan. Namun, ini tidak diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Pada tahun 1936 Turing memberikan formalisasi berpengaruh konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin Turing, menyediakan cetak biru untuk komputer digital elektronik. [22] Dari perannya dalam penciptaan komputer modern, majalah Time dalam penamaan Turing salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20, menyatakan: "Faktanya tetap bahwa setiap orang yang keran di keyboard, membuka spreadsheet atau program pengolah kata, adalah bekerja di sebuah inkarnasi dari mesin Turing"
The Atanasoff-Berry Computer (ABC) adalah komputer digital pertama di dunia elektronik, meskipun tidak diprogram. [23] Atanasoff dianggap sebagai salah satu bapak dari komputer. [24] Diciptakan pada tahun 1937 oleh Iowa State College profesor fisika John Atanasoff , dan dibangun dengan bantuan dari mahasiswa pascasarjana Clifford Berry, [25] mesin itu tidak diprogram, yang dirancang hanya untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Komputer tidak menggunakan komputasi paralel. Sebuah 1973 putusan pengadilan dalam sengketa paten menemukan bahwa paten untuk ENIAC komputer 1946 berasal dari Atanasoff-Berry Computer.The program komputer yang dikendalikan pertama diciptakan oleh Konrad Zuse, yang membangun Z3, mesin komputasi elektromekanis, pada tahun 1941 [26]. Komputer elektronik pertama diprogram adalah Colossus, yang dibangun pada tahun 1943 oleh Tommy Flowers.George Stibitz diakui secara internasional sebagai seorang ayah dari komputer digital modern. Ketika bekerja di Bell Labs pada bulan November 1937, Stibitz menciptakan dan membangun sebuah kalkulator berbasis relay ia dijuluki "Model K" (untuk "meja dapur", di mana ia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Model kemudian menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika kompleks dan programabilitas. [27]Sebuah suksesi perangkat komputasi terus lebih kuat dan fleksibel dibangun pada 1930-an dan 1940-an, secara bertahap menambahkan fitur utama yang terlihat pada komputer modern. Penggunaan digital elektronik (sebagian besar ditemukan oleh Claude Shannon pada tahun 1937) dan programabilitas lebih fleksibel adalah langkah yang sangat penting, tetapi mendefinisikan satu titik di sepanjang jalan ini sebagai "komputer elektronik digital pertama" adalah difficult.Shannon 1940 prestasi terkenal termasuk:
Konrad Zuse elektromekanis "Z mesin". The Z3 (1941) adalah mesin kerja pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programabilitas. Pada tahun 1998 Z3 itu terbukti menjadi Turing lengkap, sehingga menjadi komputer pertama operasional dunia. [28]
Non-programmable Atanasoff-Berry Computer (dimulai pada tahun 1937, selesai pada 1941) yang digunakan vakum tabung berbasis perhitungan, bilangan biner, dan memori kapasitor regeneratif. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih kompak dari rekan-rekan (yang kira-kira ukuran meja besar atau meja kerja), karena hasil antara dapat disimpan dan kemudian dimasukkan kembali ke set yang sama elemen perhitungan.
Komputer Colossus rahasia Inggris (1943), [29] yang telah membatasi programabilitas tetapi menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung bisa cukup handal dan elektronik reprogrammable. Itu digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
The Harvard Mark I (1944), sebuah komputer skala besar elektromekanis dengan programmability terbatas. [30]
Balistik Penelitian Angkatan Darat AS Laboratory ENIAC (1946), yang digunakan aritmatika desimal dan kadang-kadang disebut komputer tujuan umum pertama elektronik (sejak Konrad Zuse Z3 tahun 1941 elektromagnet digunakan bukan elektronik). Awalnya, bagaimanapun, ENIAC memiliki arsitektur fleksibel yang pada dasarnya diperlukan rewiring untuk mengubah pemrogramannya.
arsitektur Penyimpan program
Beberapa pengembang ENIAC, mengakui kesalahannya, datang dengan desain yang jauh lebih fleksibel dan elegan, yang kemudian dikenal sebagai "arsitektur program yang disimpan" atau von Neumann arsitektur. Desain ini pertama kali secara resmi digambarkan oleh John von Neumann dalam Draft kertas Pertama Laporan di EDVAC, didistribusikan pada tahun 1945. Sejumlah proyek untuk mengembangkan komputer berdasarkan arsitektur program yang disimpan dimulai sekitar waktu ini, yang pertama selesai pada tahun 1948 di University of Manchester di Inggris, Manchester Kecil Mesin Eksperimental (SSEM atau "Baby"). Delay Elektronik Penyimpanan Otomatis Calculator (EDSAC), selesai setahun setelah SSEM di Cambridge University, adalah praktis pertama, non-eksperimental pelaksanaan desain program yang disimpan dan dimanfaatkan dengan segera untuk pekerjaan penelitian di universitas. Tak lama kemudian, mesin awalnya dijelaskan oleh von Neumann kertas-EDVAC-selesai tapi tidak melihat penuh waktu digunakan untuk tambahan dua tahun.
Hampir semua komputer modern mengimplementasikan beberapa bentuk dari arsitektur program yang disimpan, sehingga sifat tunggal dengan mana kata "komputer" sekarang didefinisikan. Sedangkan teknologi yang digunakan dalam komputer telah berubah secara dramatis sejak elektronik pertama, komputer untuk keperluan umum dari tahun 1940-an, sebagian besar masih menggunakan arsitektur von Neumann.
Dimulai pada 1950-an, ilmuwan Soviet Sergei Sobolev dan Nikolay Brusentsov melakukan penelitian pada komputer terner, perangkat yang dioperasikan pada sistem tiga dasar penomoran -1,, 0 dan 1 daripada konvensional penomoran biner sistem atas yang kebanyakan komputer didasarkan. Mereka merancang Setun, komputer terner fungsional, di Moscow State University. Perangkat dimasukkan ke produksi terbatas di Uni Soviet, tetapi digantikan oleh arsitektur biner lebih umum.
Semikonduktor dan mikroprosesor
Komputer menggunakan tabung vakum sebagai elemen elektronik mereka digunakan di seluruh tahun 1950-an, tetapi oleh 1960-an sebagian besar telah digantikan oleh transistor semikonduktor berbasis mesin, yang lebih kecil, lebih cepat, lebih murah untuk menghasilkan, diperlukan lebih sedikit daya, dan lebih dapat diandalkan. Komputer transistorised pertama didemonstrasikan di University of Manchester pada tahun 1953. [31] Pada 1970-an, teknologi sirkuit terpadu dan penciptaan berikutnya mikroprosesor, seperti, Intel 4004 ukuran lebih menurun dan biaya dan kecepatan lebih meningkat dan keandalan komputer . Pada akhir 1970-an, banyak produk seperti perekam video yang terdapat komputer yang didedikasikan disebut mikrokontroler, dan mereka mulai muncul sebagai pengganti untuk kontrol mekanik dalam peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Tahun 1980-an menyaksikan komputer rumah dan komputer pribadi sekarang di mana-mana. Dengan evolusi internet, komputer pribadi menjadi yang biasa seperti televisi dan telepon dalam rumah tangga [rujukan?].
Smartphone modern adalah komputer sepenuhnya diprogram dalam hak mereka sendiri, dan pada tahun 2009 mungkin menjadi bentuk paling umum dari komputer tersebut dalam keberadaan [,.
program
Fitur mendefinisikan komputer modern yang membedakan mereka dari semua mesin lainnya adalah bahwa mereka dapat diprogram. Itu adalah untuk mengatakan bahwa beberapa jenis instruksi (program) dapat diberikan ke komputer, dan akan memproses mereka. Sementara beberapa komputer mungkin memiliki konsep yang aneh "instruksi" dan "output" (lihat komputasi kuantum), komputer modern berdasarkan arsitektur von Neumann seringkali memiliki kode mesin dalam bentuk bahasa pemrograman imperatif.
Dalam istilah praktis, sebuah program komputer mungkin hanya beberapa instruksi atau memperpanjang untuk jutaan instruksi, seperti melakukan program untuk pengolah kata dan browser web misalnya. Sebuah komputer modern khas dapat mengeksekusi milyaran instruksi per detik (gigaflops) dan jarang membuat kesalahan selama bertahun-tahun beroperasi. Program komputer besar yang terdiri dari beberapa juta instruksi dapat mengambil tim tahun programmer untuk menulis, dan karena kompleksitas tugas hampir pasti mengandung kesalahan.

PENGERTIAN DASAR
- Pengertian Komputer
- Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.
- ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
- Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer
![]() |
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin
elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat
saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan
teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun
program yang diberikan kepadanya.
|
![]() |
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer
memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan
bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang
mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun
istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
|
![]() |
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai
peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik
dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
|
![]() |
Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja
tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa
berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun
pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan
sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
|
...no image yet... |
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa
diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang
ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu
peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam
diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada
didalam sebuah buku.
|
![]() |
Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah
alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam
menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan
adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan
istilah brainware (perangkat manusia).
|
![]() |
Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal
yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama,
manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer.
Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru
bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan
ataupun pekerjaannya.
|
![]() |
Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan
diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi
ini kemudian diganti dengan generasi transistor, dan akhirnya timbul
generasi ketiga dengan munculnya IC-Chip. Kini banyak diperdebatkan,
apakah Microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan
kemampuan dari IC-Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi
ke-empat, ataukah masih tetap pada generasi ketiga.
|
![]() |
Alasan yang mendukung adalah, kemampuan dari
Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang alasan yang menolak pendapat
tersebut mengatakan, bahwa konsep dasar Microprocessor masih sama dan
itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC-Chip belaka.
Dengan demikian, pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah
memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan kelima, tetapi ada juga
yang masih berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ketiga.
|
![]() |
a. Generasi Pertama.
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada
awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen
penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak
memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas.
Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai
pendingin.
|
![]() |
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya
komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946,
komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada
komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30
ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan
kelas tersendiri.
|
![]() |
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan
komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30
ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M
|
![]() |
b. Generasi Kedua.
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua.
Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan
"emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang
berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan,
maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula
dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat
sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan
seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan
dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
|
![]() |
Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM
Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada gambar
nampak sebuah papan rangkaian yang menggunakan transistor dan digunakan
oleh Komputer MARK IV ditahun 1957 yang merupakan komputer pertama yang
diproduksi di- Jepang.
|
![]() |
Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang
memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar
dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah
satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
|
![]() |
c. Generasi Ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari
transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai
penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu
bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa
milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini adalah: Apple Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.
|
![]() |
Pada gambar disebelah nampak, komputer IBM S/360 yang
menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melakukan
operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu
melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.
|
...no image yet... |
d. Generasi Keempat
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI
(Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam
sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan
persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted
circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale
Integration).
|
![]() |
Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan
munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang
membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola,
Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya
microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang
pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.
|
![]() |
a. General Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga
bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan
untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini
dapat menggunakan pelbagai software, bermacam-macam langkah yang saling
menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan
(word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database,
menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem
keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.
|
![]() |
Walaupun general purpose computer dapat diprogram
untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan
dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh,
general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses
perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca
ataupun pengetesan pesawat terbang.
|
...no image yet... |
b. Special-purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk
menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada
awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan
disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah
dimodifikasi sedemikian rupa.
|
![]() |
Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose
computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah
front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan
output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer
adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta
meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.
|
![]() |
Dedicated processor juga merupakan special purpose
computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar
memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa
agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus,
dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada
pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video
game.
|
![]() |
a. Komputer Mikro (Personal Computer)
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk
memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam
hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan
sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi
yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat
terbatas.
|
...no image yet... |
Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah
personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte).
Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini
memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal
model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang
ada pada saat sekarang.
|
![]() |
Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan
teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer
menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya
digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh
perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.
|
![]() |
Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja
untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkem
bangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal
komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam
saat yang bersamaan (konsep multi user).
|
![]() |
Pada konsep LAN yang merupakan sebuah jaringan,
terdapat sebuah otak/pengendali yang disebut sebagai server dan
beberapa anggota yang disebut sebagai terminal. Secara pisik bentuk
server ataupun terminal tidak berbeda dengan bentuk sebuah PC. Hubungan
server dan terminal, dilakukan melalui sebuah kabel. Data yang berasal
dari pelbagai terminal, akan disimpan secara terpusat oleh server.
|
![]() |
Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan
komunikasi data dengan personal komputer lainnya ditempat yang saling
berjauhan. Dengan menggunakan sebuah modem, maka data yang berasal dari
komputer akan dirubah menjadi gelombang suara, dan suara inilah yang
kemudian dikirim melalui kabel telpon. Modem yang ada ditempat lain,
akan menangkap gelombang suara ini dan merubah bentuknya menjadi
gelombang yang bisa diproses oleh komputer.
|
![]() |
Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN
hanya bisa digunakan untuk tempat yang tidak terlalu jauh (saat ini
diartikan sebagai: tidak lebih dari 2.000 meter), dan biasanya masih
terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. Kabel yang
digunakan pada LAN adalah kabel digital, sehingga data bisa langsung
dikirim tanpa perlu merubah bentuk seperti halnya yang dilakukan oleh
modem.
|
![]() |
Jenis PC lainnya yang tengah populer pada saat ini adalah: note-book. Note-book
menggunakan silikon chip yang sangat tipis yang merupakan lambang
kemajuan teknologi. Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang sangat
kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya. Note-book
biasanya dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga
tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Dengan
demikian, komputer jenis ini sangat cocok digunakan bagi para pemakai
yang sering berpergian.
|
![]() |
Karena menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal
Display), note-book mempunyai bentuk yang sangat tipis. Disamping itu,
note-book juga memiliki fasilitas disket ataupun hard-disk seperti
hal-nya komputer PC pada umumnya. Internal memory yang dimiliki juga
sangat besar, dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga
64 MB.
|
![]() |
Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan
sesama note-book ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling
berjauhan.
|
...no image yet... |
b. Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih
besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena
micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai
kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang
digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari
kecil.
|
![]() |
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk
melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user
ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal
yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM
AS-400
|
...no image yet... |
c. Komputer Mainframe
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini
komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih
dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh
lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
|
![]() |
Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi
perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam
ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk
memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping
itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan
pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
|
![]() |
Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang
pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat
yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time
sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya
kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan
pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi,
maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah
nampak secara jelas.
|
![]() |
Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus
dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara
ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena
nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya
sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan
pelbagai sistem pengamanan elektronik.
|
![]() |
d. Super-komputer
Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri
khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan
menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan
main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau
contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya
negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat
besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.
|
![]() |
Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan
diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari
satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat
persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah
ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk
membeli sebuah super komputer dari Amerika.
|
![]() |
Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah
banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan,
simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer
bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa
mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya
mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang
bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.
|
...no image yet... |
a. Digital Komputer
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan
untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya).
Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti
tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A
s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0
s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.
|
![]() |
b. Komputer Analog.
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan
untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol,
tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu
ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan
suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi
suatu ukuran.
|
![]() |
Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya
untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian
komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.
|
![]() |
c. Hibrid Komputer
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk
mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid
komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital
komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit
yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada
akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan
dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
|
![]() |
Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa
pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti
misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer
dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat
ditinjau dari jenis data yang diolahnya.
|
![]() |
Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.
|
![]() |
a. Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
|
![]() |
Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa
diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk
memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai
memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.
|
![]() |
b. Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak
dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat
untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data
diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung,
mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
|
![]() |
Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
|
![]() |
CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk
bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya
dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8
bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit-nya, bila
suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa
pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit
instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2
kali lebih cepat dari yang 8 bit.
|
![]() |
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja
microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai
frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50
Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya,
semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.
|
![]() |
Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan
untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit
adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz
hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis
microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz
hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan
80686
|
![]() |
Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah
dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada
processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million
Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi
486.
|
![]() |
c. Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data
yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia
ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
|
![]() |
Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa
dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam
suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan
untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.
|
![]() |
d. External Memory
External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan
yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang
tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan
program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak.
|
![]() |
Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar
foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory
dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai
tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia.
Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi
bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih
dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.
|
![]() |
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi
penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa
berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa
ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk
melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
|
...no image yet... |
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah
model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data
yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah
pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap
sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi
penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan
ataupun pemrosesan data.
|
![]() |
Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.
|
![]() |
Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan
dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu.
Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian
dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus
dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik
perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data
yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti.
Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui
|
![]() |
Pengertian data yang diolah oleh komputer, cara penyajiannya dapat dibagi dalam beberapa tingkatan / hirarchi, yaitu :
|
![]() |
a. Byte/Karacter
Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa
berbentuk huruf (A s/d Z, atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9),
ataupun berbentuk tanda baca lainnya lagi.
|
![]() |
b. Field
Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang
membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa,
Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.
|
...no image yet... |
c. Record
Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk
sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada
akhirnya membentuk sebuah record.
|
...no image yet... |
d. File
File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan
demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar
adalah sebagai berikut :
Byte/Character -> Field --> Record --> File
|
![]() |
Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada
aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal ini, aliran listrik
yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang
berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat
perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi
OFF diberi lambang 0 (angka nol).
|
![]() |
Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special
character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal
angka 5 ditulis dalam bentuk 000101 dan huruf D ditulis dalam 110100.
Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian
elektronik yang tersimpan didalamnya.
|
![]() |
Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan
tulisan yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara
otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.
|
![]() |
Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan ini
kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka
seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.
|
![]() |
Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1,
maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem
bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan
yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut
desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 10, yaitu 0, 1, 2,
3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
|
...no image yet... |
a. Sistem Bilangan Desimal
Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah
sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki
angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 10 buah. Dalam
contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X101) + (7X101) + (6X102) + (3X103). Angka 10 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal.
|
![]() |
b. Sistem Bilangan Binary
Karena sistem bilangan binary hanya memiliki angka 0
dan 1 saja, maka nilai 11010 dalam bilangan biner dapat diartikan
sebagai: (0X20) + (1X21) + (0X22) + (1X23) + (1X24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan biner
|
...no image yet... |
Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary,
maka langkah yang bisa dilakukan adalah : a. Apabila bilangan tersebut
bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan
(lihat gambar disebelah).Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang
ditulis.
|
![]() |
Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary,
langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada
bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1,
maka seandainya pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka
akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada
penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih
menyimpan 1 (lihat contoh).
|
...no image yet... |
Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata angka
yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan
cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila
dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh).
|
![]() |
Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada
bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan
desimal. Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada.
|
...no image yet... |
Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak
berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa
terlihat pada contoh yang ada.
|
![]() |
c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal
Selain menggunakan sistem binary, komputer juga
menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan
dasar sebanyak 8 dan sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai
bilangan dasar sejumlah 16. Susunan angka yang dimiliki kedua bilangan,
seperti yang nampak pada gambar.
|
![]() |
Walaupun demikian, komputer tetap bekerja
dengan menggunakan sistem binary. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan
saat mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin
penulisan menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam
memory komputer. Octal senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa
desimal dalam empat angka.
|
![]() |
Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8 buah,
yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal
ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka
yang dimilikinya.
|
...no image yet... |
Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan ini
jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi
ataupun perhitungan-perhitungan lainnya.
|
![]() |
d. System BCD
Pada awalnya, system BCD (Binary Coded Decimal),
menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap digit didalam
bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk 4-bit binary. sebagai contoh, bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 0101 0010.
|
![]() |
Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya sanggup menampung data sebanyak 2
|
![]() |
f. System EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange
Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya
8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar,
yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada
disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya
disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh
komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
g. System ASCII
ASCII (American Standart Code for Informa tion
Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem
ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama
sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis
komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam
pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan
extra bit yang digunakan untuk mendet
|
Fungsi dan cara kerja BIOS
BIOS
adalah singkatan dari Basic Input Output System. BIOS muncul pada saat
IBM mengeluarkan Personal Computer pada tahun 1980-an. Pada sistem IBM,
BIOS adalah perangkat lunak yang dijalankan pertama kali saat komputer
berjalan. Sistem BIOS ini masih dipertahankan sampai saat ini di
komputer yang menggunakan konsep seperti IBM PC. Bahkan laptop dan
netbook masih menggunakan BIOS ketika pertama kali komputer dihidupkan.
Secara sederhana, BIOS memiliki fungsi mengatur dan mengendalikan
perangkat keras yang ada dalam komputer.
BIOS
akan menginisiasi dan menganalisa perangkat keras apa saja yang
terhubung pada komputer dimana dia dijalankan. Kemudian BIOS mengecek
kesiapan kerja dari perangkat-perangkat keras yang terpasang. Jika ada
perangkat keras yang dibutuhkan namun tidak ada, maka BIOS akan
mengeluarkan kode isyarat yang dapat dikenali oleh para teknisi komputer
melalui bunyi atau tampilan pesan visual pada monitor. Begitu pula jika
perangkat keras yang dibutuhkan seperti RAM dan VGA card mengalami
kerusakan, maka hal yang sama akan dilakukan oleh BIOS.

Bagi mereka yang suka
mengutak-atik perangkat keras, utamanya CPU, istilah BIOS tentu saja
menjadi tidak asing lagi. Nama BIOS pasti sudah melekat di telinga.
Namun tentu saja akan berbeda dengan orang awam yang tidak mengerti
komputer, hanya sekedar pemakai atau bahkan tidak mengerti seperti apa
di dalam komputer yang ia miliki. Kata-kata BIOS akan sangat asing dan
menjelaskannya pasti akan sangat sulit sekali karena akan sulit
dibayangkan.
Dibawah ini adalah urutan perangkat keras yang dideteksi oleh BIOS:
- Kartu tampilan grafis atau video graphic card
- Keyboard dan mouse, baik USB atau Serial PS/2
- Harddisk Drive dan sejenisnya
- Optical Drive seperti DVD atau CD
- Selanjutnya akan dilakukan deteksi terhadap perangkat lainnya sesuai dengan nomor registernya pada BIOS.
Setelah
selesai mengecek perangkat keras dan dianggap normal, maka selanjutnya
bios akan mencari sistem operasi yang biasanya tersimpan di dalam media
penyimpanan Harddisk, yang sudah ditentukan sebagai Boot Device. Lalu
jika sudah ketemu maka akan dimuat dan dijalankan. Ketika sistem operasi
sudah berjalan, maka BIOS sudah bebas tugas. Semua perangkat keras ada
dibawah kendali sistem operasi. Seluruh rangkaian proses dari pertama
kali perangkat komputer dihidupkan, ditangani BIOS, kemudian sistem
operasi disebut sebagai booting up.
BIOS
disimpan di dalam sebuah chip ROM yang tidak dapat diubah atau
non-volatile dan dipasang pada motherboard sistem komputer. Pada masa
lalu, BIOS tidak dapat dirubah, namun BIOS saat ini bisa dirubah dengan
sistem flashing atau menulis ulang ROM. Biasanya alasan mengupgrade BIOS
adalah untuk meningkatkan performa atau menambahkan dukungan pada
perangkat keras tertentu pada sistem komputer.
SUMBER
http://adhansalakcomunity.blogspot.com/2012/09/sejarah-lengkap-perkembangan-komputer.html
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/intro1-cad.html
http://belajar-komputer-mu.com/memahami-fungsi-dan-cara-kerja-bios-ketahui-di-sini/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar